Senin, 15 Maret 2010

Seedorf Dorong Milan Gencet Inter

0

MILAN - Gelandang AC Milan, Clarence Seedorf, mencetak gol di masa injury time yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Chievo dalam duel lanjutan Serie-A, di San Siro, Minggu (14/3/2010). Milan kini duduk di posisi kedua dengan 58 poin, atau cuma terpaut satu angka dari penguasa klasemen, Inter Milan.

Hasil itu cukup melegakan mengingat AC Milan memang mendominasi laga sejak awal. Namun, buruknya penyelesaian akhir dan kesigapan kiper Stefano Sorrentino membuat banyak peluang terbuang.

Bermain di kandang sendiri, Milan mencoba menggiatkan serangan sejak menit awal. Hasilnya, di menit keempat, mereka nyaris unggul melalui Ronaldinho.

Mengandalkan aksi individu, Ronaldinho melewati dua pemain lawan sebelum melepas tendangan dari luar kotak penalti, yang sayangnya melenceng dari sasaran.

Ancaman di menit awal membuat Chievo menunda agresi dan fokus kepada usaha mengokohkan benteng. Usaha mereka cukup efektif mematahkan alur umpan Milan di tengah jalan.

Untuk mengatasi kendala itu, Milan mencoba melakukan tendangan-tendangan jarak jauh. Pada menit ke-21, misalnya, Andrea Pirlo melepaskan tendangan, yang sayangnya melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit berselang, Beckham berhasil memperbaiki peluang gol Milan dengan mengirim umpan akurat kepada Marco Boriello, yang ada di kotak penalti. Boriello kemudian berhasil menanduk bola. Sayang, bola masih bisa ditepis Stefano Sorrentino.

Terus mengalami kegagalan, Milan tak putus asa. Memanfaatkan berbagai sisi lapangan dan memainkan variasi umpan, Milan terus menggebrak benteng Chievo. Namun, skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Sepanjang babak pertama, Milan menguasai bola sebesar 64 persen dan melepaskan satu tembakan tepat ke gawang dari delapan percobaan. Bandingkan dengan Chievo yang membuat dua peluang emas dari empat kali usaha. 

Memasuki babak kedua, Milan kembali mengendalikan permainan. Mengandalkan permainan umpan silang dan terobosan, mereka kembali menggencet Chievo. Beberapa peluang gol pun tercipta. Namun, buruknya eksekusi dan peruntungan, membuat Milan terus gagal membobol gawang Sorrentino.

Pada menit ke-57, misalnya, mengandalkan kemampuan individu, Ronaldo menggocek bola dan masuk ke kotak penalti, sebelum melepaskan tendangan, yang membentur tiang kiti gawang Chievo.

Di tengah maraknya gempuran Milan, Giampiero Pinzi nyaris membawa Chievo unggul di menit ke-63. Memanfaatkan umpan Andrea Mantovani, Pinzi menanduk bola dari depan gawang Milan. Sayang, bola malah meluncur melebar keluar lapangan.

Chievo belum lagi mengejutkan Abbiati ketika Filippo Inzaghi mendapatkan peluang bagus mencetak gol di menit ke-73. Menguasai bola di kotak penalti, ia menggocek bola. Namun, sebelum meneyapk bola, Sorrentino berhasil menghentikannya dan merebut bola.

Terus-menerus gagal, Milan tak putus asa dan terus bekerja. Akhirnya, memasuki masa injury time, Clarence Seedorf berhasil membobol gawang Sorrentino dan membawa Milan unggul. Mengandalkan aksi individu, Seedorf menggocek sejumlah pemain Chievo sebelum mengempaskan bola ke tengah gawang Chievo.

Chievo sempat mencoba melakukan balasan. Namun, belum sempat melakukan tekanan, langkah mereka dihentikan peluit panjang. 

Sepanjang 90 menit, Milan menguasai bola sebesar 61 persen dan melepaskan enam tembakan tepat ke gawang dari 19 usaha. Sementara itu, Chievo bisa membuat tiga peluang emas dari sepuluh kali percobaan. (*)

Susunan pemain
Milan: Abbiati; Favalli, Thiago Silva, Zambrotta, Abate (Oddo 45); Pirlo (Seedorf 79), Ambrosini, Gattuso (Inzaghi  57); Ronaldinho, Boriello, Beckham
Chievo: Sorrentino; Yepes, Mandelli (Morero 79), Mantovani, Sardo; Mantovani; Marcolini (Bentivoglio 79), Luciano; Pinzi; De Paula (Ariatti  72), Pellisier

No Response to "Seedorf Dorong Milan Gencet Inter"

Loading...