Senin, 11 Januari 2010

Ronaldinho Lambungkan Milan, Benamkan Juventus

0

MILAN - Gelandang AC Milan, Ronaldinho, mencetak dua gol yang menentukan kemenangan 3-0 atas Juventus dalam duel lanjutan Serie-A, di Stadion Olimpico Grande Turin, Minggu (10/1/2010). Hasil ini mengokohkan Milan di posisi kedua klasemen, sekaligus menjauhkan Juventus dari persaingan gelar.

Duel antara raksasa Italia ini berlangsung ketat dan alot sejak awal. Selain minimnya peluang gol, babak pertama juga diwarnai banyak pelanggaran. Tercatat, Juventus melakukan 13 pelanggaran dan Milan membuat empat.

Soal peluang, Juventus lebih dulu mendapat peluang lebih dulu melalui Diego di menit ke-13. Saat itu, ia berhasil menjangkau umpan Claudio Marchisio dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih melenceng ke sisi kiri gawang Milan.

Selanjutnya, kedua kubu sama-sama gagal menciptakan peluang gol, sampai terjadinya gol Nesta di menit ke-29. Gol bermula dari sepak pojok Andrea Pirlo yang berujung krisis di tengah kotak penalti Juventus. Nesta berhasil menjangkau bola dan melesakkannya ke dalam jaring Alex Manninger.

Setelah itu, kedua kubu kembali terlibat tawar-menawar yang seret. Kali ini, Juventus nyaris memenangi tawar-menawar itu, menyusul sepasang peluang yang diciptakan Fabio Cannavaro dan Giorgio Chiellini di menit ke-39. Sayang, usaha keduanya tak cukup kuat meruntuhkan keampuhan kibasan tangan Dida. Ini adalah peluang terakhir di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Juventus tampil lebih solid. Selain mampu meredam ancaman Milan, mereka juga sukses menciptakan peluang gol lebih baik dari babak pertama.

Peluang di babak kedua ini dibuka oleh Chiellini di menit ke-52. Memanfaatkan umpan Cannavaro, Chiellini menyepak bola ke tengah atas gawang Milan, yang sayangnya masih bisa ditangkap Dida.

Milan belum memberikan ancaman, ketika Juventus membuat dua peluang gol melalui Alessandro Del Piero di menit ke-63 dan ke-66. Sayang, tak satu pun dari kedua tembakan Del Piero mengarah tepat ke sasaran.

Di tengah tekanan Juventus, Milan malah mampu menggandakan keunggulan berkat gol Ronaldinho di menit ke-72. Memanfaatkan sepak pojok Andrea Pirlo, Ronaldinho mengirim bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Manninger.

Seusai gol itu, keadaan masih tak banyak berubah. Juventus masih tampak dominan dan Milan cuma berusaha mempertahankan posisi di lini tengah. Namun, lagi-lagi, Milan mampu memaksimalkan peluang kecil untuk meraih gol ketiga, yang dicetak Ronaldinho di menit ke-88.
Saat itu, setelah mendapat operan bola Mathieu Flamini, Ronaldinho yang berada di tengah kotak penalti sempat mengontrol bola sebelum mengirim bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Juventus.

Juventus mencoba memberikan perlawanan di waktu yang tersisa. Sayang, Milan yang sudah menduga niat bangkit Juventus berhasil mematahkan serangan dan mempertahankan keunggulan 3-0 hingga akhir laga.

Dengan hasil tersebut, Milan tetap bertahan di posisi kedua dengan 37 poin plus satu laga tunda. Milan kalah delapan angka dari Inter Milan di puncak klasemen. Sementara itu, Juventus tersendat di posisi ketiga dengan 33 poin.
Susunan pemain:
Juventus: Manninger; Grosso, Chiellini, Cannavaro, Grygera; Marchisio, Poulsen (De Ceglie  64), Melo, Salihamidzic (Del Piero  60); Diego; Amauri
Milan: Dida; Antonini, Thiago Silva, Nesta, Abate; Ambrosini, Pirlo, Gattuso (Flamini  65); Boriello (Huntelaar  85), Ronaldinho, Beckham

No Response to "Ronaldinho Lambungkan Milan, Benamkan Juventus"